Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Meringankan Jalannya RAM Android Tanpa Aplikasi / Root

Cara Meringankan Jalannya RAM Android Tanpa Aplikasi / Root


Apakah kalian pernah mengalami ini, Saat sedang asyik main Game, tiba - tiba Game tersebut keluar sendiri (Force Close), Atau saat kalian sedang membuka Aplikasi MedSos atau Aplikasi Lainnya, Kinerja HP anda menjadi Lambat atau Lemot. Kejadian seperti itu memang sering terjadi kepada semua pengguna smartphone, Apalagi memiliki RAM yang agak kecil. Hal - hal tersebut bisa terjadi dikarenakan RAM Smartphone tersebut terlalu banyak menjalankan Aplikasi. Untuk mencegah hal tersebut atau menjadikan HP lebih lancar lagi, Ialah dengan merefresh atau menekan tombol clean, Tombol tersebut ada jika kita memiliki Launcher Android tertentu atau memang Launcher tersebut bawaan langsung dari pabrik, Tapi tidak semua Launcher bawaan Pabrik memiliki tombol refresh tersebut. Adapun cara untuk mendapatkan tombol refresh tersebut, dengan Mengunduh Aplikasi Clean atau pembersih di Google Playstore. Cara tersebut memang bisa membuat HP lebih lancar lagi, tapi untuk beberapa saat saja dan kita harus menekan tombol tersebut lagi jika HP mulai Melambat. Dan menurut Admin, jika memakai Aplikasi tersebut bisa membuat HP Cepat lemot, kenapa bisa begitu karena saat menekan tombol tersebut Hanya Aplikasi dan Game yang pernah dimainkan saja yang dihentikan, Tapi Aplikasi Clean tersebut tetap berjalan. Namun kekurangannya bukan itu saja, Karena Data dari Aplikasi dan Game tersebut juga bisa menghilang dengan sekejab jika terlalu sering menekan tombol tersebut (Pengalaman Admin), Bahkan Aplikasi dan Gamenya pun bisa juga menghilang.
Maka dari itu Admin pun melakukan beberapa kali eksperimen untuk melancarkan HP tanpa harus memakai Aplikasi atau Launcher tersebut. Hasilnya pun saya menemukan cara yang sangat mudah dan simpel, tanpa harus memakai sebuah Aplikasi atau dengan Me - Root HP. Tekniknya ialah dengan memaksa berhentikan beberapa Aplikasi atau Game yang pernah dimainkan. Untuk Menghentikannya pun sangat mudah, Dibawah ini saya akan memberikan 2 Teknik untuk menghentikan Aplikasi atau Game yang pernah dimainkan. Jadi simaklah beberapa Ulasan dibawah ini :

Teknik Pertama
  1. Pilih Aplikasi atau Game yang di rasa pernah dimainkan.
  2. Tekan agak lama Aplikasi atau Game tersebut, Seret ke Atas atau arahkan langsung ke Info aplikasi (Untuk beberapa tipe HP mungkin akan berbeda, Intinya arahkan saja ke posisi yang berhubungan dengan Informasi dari Aplikasi tersebut).
  3. Jika sudah diseret ke bagian Info Aplikasi, akan muncul tampilan informasi Aplikasi tersebut, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini :
  4. Tekan Paksa Berhenti, lalu akan muncul tampilan peringatan seperti Gambar dibawah ini :

  5. Terakhir Tekan saja OK.

Jika Tombol Paksa Berhentinya tidak bisa lagi ditekan, Berarti Aplikasinya telah berhasil dihentikan. Namun jika tombolnya masih bisa ditekan, tekan saja lagi sampai tidak bisa lagi ditekan. Untuk mengaktifkannya kembali sangatlah mudah, tinggal buka saja Aplikasi tersebut kembali.
Untuk teknik ini mungkin akan melakukannya sampai berkali - kali, karena Aplikasi atau Game yang pernah dimainkan mungkin lebih dari satu. Jadi ulangilah cara diatas ke beberapa Aplikasi yang dirasa pernah dimainkan, sampai HP tidak lagi terasa melambat.

Teknik Kedua
Untuk cara yang kedua ini akan terlihat lebih simpel dari Cara Pertama tadi, untuk lebih jelasnya simaklah tutorialnya dibawah ini :
  1. Buka Setelan atau Pengaturan HP anda.
  2. Scrool kebawah, sampai menemukan baris yang bertuliskan Aplikasi dan tekanlah baris tersebut.
  3. Selanjutnya cari Menjalankan atau Menu atau Bagian yang didalamnya memperlihatkan beberapa Aplikasi atau Game yang sedang dijalankan oleh RAM. Untuk tipe HP yang saya pakai terlihat seperti gambar dibawah ini, untuk berbagai tipe HP yang lainnya mungkin agak berbeda sedikit.
  4. Tekan saja Aplikasi atau Game yang ada didalam menu tersebut, dan akan muncul tampilan seperti berikut :
  5. Tekan saja Berhenti, Jika otomatis keluar dari menu tadi dan Aplikasinya menghilang, berarti anda telah sukses menghentikan Aplikasi tersebut.
  6. Tekan lagi Aplikasi yang lain dan ulangi langkah ke 4 dan 5.

Sangat mudahkan Teknik yang kedua ini, namun masih ada kekurangannya, yaitu tidak semua Aplikasi yang dijalankan oleh RAM akan tampil di menu Menjalankan tadi. Kemungkinan hanya Aplikasi dan Game berat saja yang akan ditampilkan. Tapi dengan teknik ini pun juga dapat membuat HP lebih Lancar lagi.

Peringatan!!!
Hati - Hati dalam menghentikan Aplikasi Di Android anda, Tidak semua Aplikasi dapat dihentikan dengan leluasa, karena dapat membuat fungsi dari sistem android anda terganggu.
Contoh Aplikasi yang dilarang untuk dihentikan ialah Google PlayGame, karena jika Aplikasi tersebut dihentikan akan mengganggu jalannya Game Online yang akan dimainkan apalagi jika Game tersebut terhubung dengan Google PlayGame. Juga Aplikasi Layanan Google Play dan saran saya juga Aplikasi - aplikasi yang namanya berhubungan dengan Google.
Admin menyarankan agar menghentikan Aplikasi atau Game yang di rasa pernah dimainkan saja.

Kedua Teknik tersebut aman untuk dilakukan, karena tidak akan membuat Data atau pun Aplikasi tersebut akan hilang. Admin pun sering melakukan teknik tersebut dan HP admin aman - aman saja, Asalkan tidak pernah menghentikan Aplikasi yang di larang tadi.


Itulah kedua Teknik untuk Meringankan Jalannya RAM Android tanpa Aplikasi, Launcher ataupun Me - Root HP anda. Caranya pun sangat mudah dan Simpel untuk dilakukan, Dari kedua Teknik tersebut memang lebih Efektif Teknik yang Pertama tadi, karena lebih efisien dalam menghentikan sebuah Aplikasi. Jadi Terserah anda untuk memilih, yang mana menurut anda lebih simpel ataupun lebih efisien untuk dilakukan.

Mungkin Untuk Artikel ini saya Akhiri sampai disini saja, Semoga Artikel di atas Bermanfaat bagi Pembaca - pembaca Semua.
Open Comments

Post a Comment for "Cara Meringankan Jalannya RAM Android Tanpa Aplikasi / Root"