Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
kelebihan dan kekurangan android setelah di root

kelebihan dan kekurangan android setelah di root


Root adalah suatu aktifitas hack, yang diperuntukuan untuk sistem operasi android, sistem rooting sering kali dilakukan oleh pengguna android, yang ingin lebih leluasa untuk memakai atau megutak-atik androidnya. Sebenarnya android kita sendiri memiliki sistem operasi dengan keamanan yang sangat baik. Jadi, banyak fitur - fitur dari OS android yang tidak bisa di akses langsung oleh penggunanya. Sebaliknya jika kita melakukan sistem rooting di android, fitur - fitur yang dulunya tidak bisa diakses, akan mudah kita akses dan kita lebih leluasa dalam melakukan pengeditan ke android kita. Dan tujuan lainnya dari root ialah untuk memudahkan penginstalan atau pemakaian aplikasi yang terlarang. Dan banyak lagi keuntungan yang didapatkan setelah melakukan rooting diandroid kita, tapi juga tidak dengan resiko dalam proses rooting. Banyak yang mengalami bootloop setelah melakukan rooting di android nya.

Jadi, kali ini saya akan membahas kelebihan dan kekurangan android setelah di root. Untuk lebih jelasnya simaklah beberapa ulasan dibawah ini :

Kelebihan android di root :
1. Bisa instal dan menggunakan aplikasi terlarang
Keunggulan pertama dari hp yang diroot ialah kita bisa menginstal atau mengunakan aplikasi yang terlarang untuk android kita. Memang keamanan sistem operasi android itu lumayan baik, jadi pengguna akan dibatasi dalam penginstalan aplikasi yang terlarang. Jadi, setelah kalian melakukan rooting di android, memungkinkan anda akan leluasa dalam penginstalan aplikasi yang dilarang.

2. Menghapus aplikasi bawaan dari pabrik
Memang untuk hal aplikasi bawaan pabrik yang ada diandroid itu, ada yang sangat berguna tapi ada juga yang tidak, bahkan membuat kinerja android jadi lemot. Tapi ketika android kalian di root, membuat kalian bisa menghapus aplikasi bawaan tersebut.

3. Baterai akan lebih hemat
Dengan di rootnya android, penggunannya pun bisa membuat baterai android lebih hemat. Bukan serta merta penggunannya hanya meroot android, sudah dapat untuk menghemat baterai. Tetapi pengguna juga harus mengkalibrasiakan baterai dengan aplikasi yang bernama Battery Calibration. Memang fungsi root sendiri ialah untuk membuat aplikasi ini dapat berkerja dengan baik di android.

4. Meningkatkan performa android
Dengan keleluasaan pengguna dalam melakukan kendali untuk sistem operasi android. Membuat mereka lebih leluasa dalam mengatur kinerja prosesornya ke tingkatan lebih optimal.

5. Lebih leluasa memindah aplikasi
Pada saat menginstal aplikasi, pasti nya aplikasi tersebut akan otomatis tersimpan dalam memori internal, dan membuat kapasitasnya akan lebih cepat berkurang. Tapi jika dengan root, pengguna akan bisa memindah aplikasi tersebut ke memori eksternal. Serta pengguna juga bisa mengatur tempat pemasangan untuk aplikasi yang ingin di instal.

6. Membuat kapasitas RAM lebih besar
Aplikasi Greenify ialah berfungsi untuk membuat kinerja performa RAM lebih maksimal, dan membuat android tidak mudah lemot. Tapi aplikasi ini akan berfungsi dengan baik jika sudah diakses dengan root.

7. Menghilangkan iklan
Sama hal nya dengan aplikasi Greenify, aplikasi ini akan bekerja dengan baik atau optimal hanya kalau android suah di root. Nama aplikasi ini ialah AdAway, yang berfungsi untuk memblokir atau menghilangkan iklan-iklan yang bendel di android. Banyaknya iklan juga membuat kinerja android akan menjadi lemot.

Kekurangan android di root :
1. Mudah terkena virus
Kerena mudahnya menginstal aplikasi - aplikasi yang dilarang, itu akan memudahkan virus masuk ke hp pengguna. Di karenakan aplikasi yang terlarang itu ada membawa beberapa virus dan Pada saat kita mendownloadnya dari browser.

2. Garansi akan hilang
Dengan root yang ada di android pengguna, itu akan membuat para produsen akan menghilangkan garansi yang ada. Karena produsen sendiri sangat melarang adanya rooting. Tapi hal ini bisa diakali dengan cara unroot atau membatalkan root di hp pengguna.

3. Resiko bootloop
Pada saat proses root, sebaiknya pengguna harus berhati - hati karena salah sedikit saja bisa membuat android menjadi bootloop. Hal yang harus diperhatikan dalam proses root ialah baterai harus full dan jaringan internet yang stabil.

4. Sistem keamanan android berkurang
Karena tujuan utama root sendiri ialah untuk merusak keamanan android, untuk lebih leluasa mengutak - atik sistem operasi android pengguna. Ini membuat keamanan sistem berkurang, dan akan rentan terkena virus ataupun kena hack.

Memang sistem rooting sendiri ada untungnya untuk android kita tapi ada juga resiko yang harus diperhatikan oleh penggunanya. Saran saya kalau juga ingin meroot android, serahkan saja ke ahlinya agar hal - hal yang tidak di inginkan tidak terjadi.

Mungkin itu saja penjelasan saya tentang kelebihan dan kekurangan android setelah diroot. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua.
Open Comments

1 comment for "kelebihan dan kekurangan android setelah di root"

Solehol Akmal December 9, 2020 at 6:00 AM Delete Comment
AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVVV